Kementan Siapkan Lulusan STPP Jadi Pengsaha Muda Pertanian yang Handal dan Sukses

By Admin


nusakini.com - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong generasi muda khususnya lulusan sekolah tinggi penyuuhan pertanian (STPP) untuk menjadi entreupreuner atau pengusaha muda yang bergerak di sektor pertanian. Untuk itu melalui program regenerasi pertanian yang saat ini menjadi salah satu program utama Badan Penyuluhan dan Pengambangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian RI akan terus mencetak pengusaha muda sektor pertanian. Melalui kuliah umum yang dilaksanakan di STTP Gowa Sulawesi Selatan pada Selasa malam . Kepala BPPSDMP, Ir Pending Dadih Permana, M.Ec, Dev berpesan di depan lebih 400 peserta yang hadir diantaranya dari Dosen, Mahasiswa dan Mahasiswi STPP Gowa “saya bangga dan apresiasi yang tinggi saya ucapkan kepada seluruh Mahasiswa/wi STPP Gowa dan ini adalah kader-kader pembangunan pertanian di masa depan yang sudah kami persiapkan” Kepala BPPSDMP berharap para Mahasiswa dapat mengikuti semua proses pengajaran dan pelatihan yang ada di sekolah STPP Gowa ini karena pembangunan pertanian sangat diperlukan karena pembangunan pertanian adalah penopang pemenuhan kebutuhan pangan dan sebagai penopang sektor perekonomian karena 3% PDB Indonesia disumbangkan dari sektor pertanian. Semua itu membutuhkan peran dari sumber daya manusia pertanian yang handal.

Untuk itu dalam menyiapkan sumber daya manusia yang handal dan dapat menjadi Pengusaha muda sektor pertanian yang sukses STPP Gowa telah melakukan persiapan mental generasi muda pertanian. Seperti yang disampaikan Ketua STPP Gowa Drs. Muh Arby Hamire, Ms.Si “setiap mahasiswa baru sebelum melakukan kuliah kita masukan ke rindam dalam rangka pemantapan bela Negara sehingga dapat menambah wawasan mahasiswa dalam bagaimana mempersipakan diri mendadi petani yang handal di masa datang”


Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa adalah sebuah Lembaga Pendidikan Resmi dibawah Kementerian Pertanian. Sebagai lembaga kedinasan Kementerian Pertanian yang dinaungi oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian, STPP Gowa mengalami berbagai macam perubahan. Berawal dari SPP-SPMA Negeri Gowa (Tahun 1976 – 1987) berganti menjadi Diklat APP Gowa (Tahun 1987 – 1993). Melihat peluang yang ada, kemudian pada Tahun 1993 sampai Tahun 2002 lembaga ini memberikan peluang bagi para Penyuluh untuk mengikuti pendidikan jenjang D III pada Akademi Penyuluh Pertanian (APP) Gowa.


Pada Tahun 2002 sampai saat ini APP Gowa berganti strata (D IV) dengan memberikan layanan pendidikan pada Program Studi Penyuluhan Pertanian & Peternakan. Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi negeri di Indonesia.(bayu/mk)